Langsung ke konten utama

Pepak Basa Jawa

Mempelajari bahasa jawa sangat penting untuk kita. Dengan mempelajari bahasa jawa sejak dini, kita bisa melestarikan seni budaya dan bahasa jawa di tanah air kita. Jangan sampai budaya yang ada luntur karena budaya asing yang masuk ke Indonesia

Postingan populer dari blog ini

Kamus Bahasa Jawa Offline

Bahasa Jawa adalah salah satu dari sekian banyak bahasa yang ada di tanah air tercinta ini yaitu Indonesia. Bahasa Jawa sering dipakai oleh beberapa provinsi di pulau Jawa, antara lain Jawa Tengah, Yogyakarta, Dan Jawa Timur. Sedangkan untuk Jawa Barat, Dan Banten mereka memakai bahasa Sunda. Untuk Jakarta memakai bahasa resmi yaitu bahasa Indonesia karena jakarta adalah Ibu Kota negara.

Pantun

Apa itu pantun? Pengertian Pantun adalah sejenis puisi lama yang dilisankan dan biasanya memakai lagu. Pantun mempunyai ciri-ciri khusus yang menyebabkan pantun selalu dibaca dengan irama yang sama. Ciri-ciri pantun antara lain sebagai berikut: Tiap bait terdiri atas empat baris. Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12-suku kata. Sajaknya be rum us a-b-a-b (silang). Baris pertama dan kedua merupakan sampiran, baris ketiga dan keempat merupakan isi.